Tips Perawatan Pagar Besi Tempa

Tips Perawatan Pagar Besi Tempa
Tips Perawatan Pagar Besi Tempa

Pada dasarnya, pagar besi tempa menjadi salah satu eksterior yang bisa memberikan nilai estetika atau keindahan tersendiri pada rumah anda. Selain mempercantik eksterior, pagar ini bisa digunakan sebagai benda untuk pembatas antara satu rumah dengan rumah yang lain.

Pagar besi tempa ini mempunyai berbagai macam  perbedaan dari jenis pagar besi lain. Pagar besi ini biasanya di desain dengan berbagai macam model dan warna yang lebih cantik dari pagar besi pada umumnya.

Jika anda tertarik untuk mengaplikasikan besi tempa untuk rumah anda. Anda juga diwajibkan untuk mengetahui mengenai bagaimana cara merawat pagar jenis ini. Hal ini karena  pagar besi tempa juga sering mengalami masalah seperti jenis besi yang lainya yaitu masalah karat. Nah, untuk melindungi pagar besi dari karat, berikut ini ada beberapa tips perawatan pagar besi tempa.

Tips perawatan pagar besi tempa

Supaya terlihat selalu indah, anda harus secara rutin melakukan perawatan dan membersihkan pagar yang anda miliki. Hal ini supaya pagar besi bisa terhindar dari yang namanya karat dan segala hal yang dapat mengurangi keindahan. Berikut ini, ada beberapa tips yang perlu anda ikuti sebagai langkah untuk perawatannya. Yuk langsung saja kita simak penjelasan berikut ini ya.

1. Melindunginya dari hujan

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar pagar ini terhindar dari karat adalah dengan melindungi dari paparan air hujan. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu untuk melapisi pagar besi tempa dengan olesan minyak secara merata. Selain itu, pastikan tidak ada celah lubang supaya air hujan tidak bisa masuk kedalamnya. Jika terdapat lubang pada pagar besi tempa, segera lakukan pendempulan atau melakukan pengelasan

2. Lakukan pengecatan ulang

Pengecatan merupakan salah satu tahap yang tidak boleh anda lewatkan dalam perawatannya. Hal ini perlu dilakukan supaya air, udara dan kelembaban bisa langsung mengena pada permukaan besi yang mana pada akhirnya akan membuat besi nampak semakin awet  dan tahan terhadap cuaca. Pengecatan ini tidak boleh hanya dilakukan satu kali saja. Namun, jika pagar besi tempa sudah mulai mengelupas, maka dengan segera lakukan pengecatan kembali

3. Rajin membersihkan pagar dengan rutin

Pada dasarnya sama dengan jenis pagar besi pada umumnya, pagar ini juga memerlukan perawatan yang khusus. Anda harus rajin – rajin untuk membersihkan pagar besi ini. Jika ada noda banyak segera bersihkan. Jika tidak, semua kotoran dan noda tersebut akan memicu timbulnya karat. Untuk menghindari karat, anda bisa membersihkan dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan cuka. Selain bisa bersih, campuran air tersebut akan membuat pagar besi tempa nampak lebih mengkilat serta terbebas dari jamur dan kerusakan lain. Jangan membersihkan pagar dengan air diterjen ya karena akan membuat warnanya menjadi kusam

Nah, mudah bukan perawatan dari pagar besi tempa ini? Selain mudah dalam perawatan, pagar besi tempa juga masih banyak mempunyai banyak keunggulan lain. Namun sayangnya, harga pagar besi tempa per meter jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga pagar besi yang lain.

Harganya mulai dari Rp. 400.000 per meternya. Tergantung dari bahan yang digunakan, kerumitan model/desain dan ketebalan jenis besinya

Hal ini karena desain dari pagar jenis ini sangat bagus dan lebih bervariasi. Selain itu, kualitas yang ditawarkan juga lebih bagus dari pada jenis pagar besi yang lain.

About admin 26 Articles
Jasa spesialis pemasangan dan pembuatan Canopy Kain, Awning Gulung, Canopy Membrane, Pintu Tralis, Pagar dan Pintu Dorong, Pintu Pengaman, Tangga Putar, dll.